Minggu, 30 Oktober 2011

Peran Orang Tua Dalam Rumah Tangga

 






         




          Orang tua tentu sangat penting bagi kehidupan seorang anak dalam sebuah rumah tangga. Tanpa orang tua seorang anak tidak dapat hidup. Karena seseorang dapat menjadi dewasa dan mapan itu karena faktor adanya orang tua dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam kehidupan anak-anak yang kurang beruntung biasanya mereka tumbuh dewasa karena keadaan dan karena faktor dari lingkungan dan orang disekitarnya. Contohnya anak yatim dan piatu dan anak-anak jalanan, mereka tentu jarang dan bahkan ada yang tidak pernah mendapat kasih sayang maupun bimbingan dari orang tua mereka. Ada yang hanya tinggal dengan ibu atau ayah saja ,dan adapula yang tinggal bersama teman-teman mereka di jalanan. Anak-anak jalanan biasanya sudah terbiasa hidup tanpa orang tua sejak kecil, mereka mungkin dibuang di jalanan sejak masih bayi atau balita, ada juga yang memang pergi dari rumah karena suatu hal, bermacam-macam faktor mereka hingga turun ke jalanan.
             Orang tua terkadang ada yang cara mendidik anaknya benar, salah, maupun malah acuh tak acuh terhadap keadaan anak mereka. Para orang tua yang mungkin sama-sama kerja dan sibuk seharusnya tidak melupakan perannya sebagai seorang ayah maupun ibu, mereka menjadi pekerja saat mereka bekerja, setelah dirumah peran mereka adalah sebagai seorang ayah dan ibu.  Orang tua yang memiliki masalah pribadi juga seharusnya tidak hanya memikirkan masalah mereka sendiri, mereka harus ingat bahwa mereka memiliki seorang anak yang harus dilindungi dan diperhatikan, tetapi di jaman sekarang ini malah terbalik, orang tua yang bermasalah anaknya bukan tetap diperhatikan malah dilupakan, misalnya ayah memiliki masalah dengan ibu, hingga masalah tersebut tidak dapat diperbaiki dan justru membuat mereka harus bercerai, ayah dan ibu tersebut tidak memikirkan bahwa anak tersebut justru malah menderita karena peristiwa oarng tuanya, akhirnya anak tersebut pergi dari rumah atau malah ada yang menjadi anak nakal, mereka mencari kesenangan diluar rumah yang justru kesenangan itu hanya membahayakannya, bisa jadi m,ereka lari pada narkoba. Hal seperti ioni sudah kerap sekali terjadi, maka dari itu orang tua seharusnya tetap memikirkan kelangsungan kehidupan anaknya, bagaimana jika mereka berpisah tapi anak tetap hidup normal hingga dewasa.
             Sebagai anak juga harus belajar mengerti apa yang orang tua inginkan, terkadang keinginan yang tidak sama antara anak dan orang tua justru malah membuat kedua pihak menjadi tidak cocok, orang tua yang memaksa anak tentu tidak baik, tapi anak yang menuruti kemauan sendiri juga tidak baik dan akan merugikan orang tua sendiri. Orang tua yang mendidik anaknya dengan kekerasan itu tidak benar dan orang tua yang mendidik anaknya dengan manja itu juga tidak benar. Jadi orang tua harusnya mendidik seorang anak dengan pengertian, tegas tapi penuh kasih sayang, dan akhirnya anak yang dididik seperti itu nantinya akan menjadi anak yang memiliki budi pekerti, arif, dan bijaksana. Geberasi seperti inilah yang diperlukan oleh negara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar