Sabtu, 29 Oktober 2011

Tips Sehat Minum Kopi

          Kegemaran minum kopi sangat populer di masyarakat kita ,bahkan juga pada masyarakat lain di penjuru dunia . 
Meski ada beberapa manfaat yang terkandung dari setiap tegukannya , beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar saat minum kopi terhindar dari dampak buruk zat kafein yang terkandung dalam kopi .

Hati-Hati Dosisnya
          Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang . Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa minum 300mg cafeine (setara dengan 1-3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat .

 Perhatikan Sinyal Bahaya 
          Ketika meneguk kopi memang terasa nikmat , namun kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi . Sinyal bahaya itu antara lain : gelisah ,jantung berdebar ,gangguan tidur ,dan gangguan mood (misal cepat marah) .
          Seorang peminum kopi yag menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami cafeine with drawal yang ditandai oleh kepala berdenyut . Namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat kafein dosis baru .


Dengarkan Respon Tubuh Anda 
           Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi kafein . Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah . Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama .
           Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. Jadi, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh sendiri. 


Kenali Kandungan Cafeine 
          Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan kafein dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Agar jangan sampai dosis kopi yang dianjurkan sudah tercapai, namun kita masih mengkonsumsi produk-produl lain yang mengandung cafeine sehingga merasakan efek buruk kopi. Beberapa produk lain yang memiliki kandungan cafeine misalnya : softdrink, permen kopi, teh, coklat, dan obat sakit kepala.


Coffee Mix 
          Lima miligram kalsium hilang untuk setiap 6ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambah 2 sendok susu atau membuat espresso latte.Campuran kopi dengan cream sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih. Cafeine juga berinteaksi dengan beberapa jenis obat. Bagi yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter. 
          Banyak yang beranggapan teman terbaik kopi adalah rokok. Eiits, jangan salah. Peminum kopi sejati tidak merokok. Rokok dapat mengurangi nikmatnya minum kopi lhoo !!!!!!!
 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar