Selasa, 15 November 2011

Kesenian Desa Kwarasan

     Kwarasan terletak di sebelah utara jembatan kali oya, tepatnya di desa Kedngkeris, kecamatan Nglipar, kabupaten Gunungkidul. Desa ini adalah desa yang makmur, sejahtera, dan kebanyakan penduduknya adalah oarang-orang yang berdarah seni.
   Biasanya para orang yang ekonominya banyak, setiap ada waktu-waktu tertentu sering mengadakan pertunjkkan seni. Latihan bermain musik tradisional biasanya dilakukan di kelompok-kelompok campursari yang ada  di Kwarasan, contohnya CS.Nusa Indah yang dipimpin oleh Bapak Sagimin yang juga pegawai Balai Desa Kedungkeris. Kelompok campur sari ini sudah lama berkreasi, melahirkan putra-putri yang unggul dalam bermain musik. Sinden, Wiyogo, Penggerong, Tukang Gendhang, dulunya masih sangat amatir bermain musik, tapi setelah berlatih lama-lama mereka akan mahir memainkan irama musik campursari.
   Inilah seikit cerita kesenian di desa Kwarasan, untuk para peminat musik tradisional, silahkan datang ke desa ini pada waktu tertentu, seperti pada acara "Bersih Desa". Di Balai Desa Kedungkeris dekat rumah ibu Dukuh Kwarasan Kulon, akan ditampilkan bayak pagelaran kesenian, acaranya sangat menghibur dan memiliki nilai seni yang tinggi.
   Banyak juga anak-anak yang memiliki darah seni lagsung bisa berlatih di CS.Desa Kwarasan ini, ada yang berlatih Gendhang, berlatih menyanyikan lagu Jawa, ataupun berlatih menjadi Wiyogo.
   Dulunya, campursari ini sempat hampir punah di Desa ini, tetapi Bapak Sugimu selaku perangkat Desa, Beliau ternyata mulai menciptakan kelompok campursari, setiap malam-malam tertentu para warga yang sudah bisa bermain musik tradidional melakukan latihan ditempat Beliau.Setelah mahir, diadakan pagelaran kelompok campursari yang lain.
   Sungguh indah alunan musik tradisional, bertabuh sorak sorai penikmat musik tradisional, inilah kesenian dari Desa Kwarasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar